Translate

Wednesday, March 25, 2015

Menjadi Followers Pertama Dapat Free, Benarkah?


Seperti tulisan saya sebelumnya, Social Media Marketing memang menjadi ladang bagi mereka yang (mampu) memanfaatkannya, baik itu secara 'liar' sekalipun. Lihat saja baru-baru ini munculnya beberapa akun yang memberikan penawaran menggiurkan pada followers nya, eits benarkah?
  
Akun-akun tersebut berseliweran di home Instagram saya dalam waktu kurang dari 2 hari ini. Entah dari antah berantah asal-usulnya. Serta tidak ada yang langsung bisa mengklarifikasi kesahihannya, termasuk itu Instagram sendiri.

Awalnya saya coba mengabaikan, namun setelah melihat hal tersebut muncul berulang kali di timeline yang diposting oleh segelintir teman saya. Disitu kadang saya merasa sedih.

Sudahi sedihnya, segera saya mengambil papan selancar kesayangan (read: tablet) untuk surfing di dunia maya, mencoba menelusuri kebenarannya. 

Tidak sampai 5 menit untuk saya menemukannya. Pertama dan yang menarik, akun-akun tersebut memang mengiming-imingkan tawaran yang menggiurkan di kolom bio yang mungkin akan membuat pengguna smartphone yang tidak lebih pintar dari smartphone nya akan menuruti apa yang diminta oleh akun tersebut sambil mengelap air liur yang menetes penuh harapan,"Waah semoga aku pemenangnya".

Langsung saja, akun pertama yang saya temukan adalah @rotiboy.id yang mengaku sebagai akun official / resmi dari produk kue 'Roti Boy Indonesia'. Begini penampakannya


Dengan penuh kepolosan, beberapa pengguna Instagram yang tidak lebih pintar dari smartphone-nya tersebut menuruti, melakukan apa yang diperintahkan oleh si pemilik akun.

"Gratis 1 lusin rotiboy untuk 1000 follower pertama Follow, kemudian capture bukti follow dan upload hasil capture (mention + tag) kami dan teman kamu"

Tentu akan menyebalkan jika melihat hal tersebut dilakukan oleh banyak orang yang merupakan following kita sendiri (atau mungkin saya yang silap kenapa mem-follow mereka? Ah entahlah). Coba kita move-on dan kupas sedikit hal ini untuk membenarkan.

Jika kalian memiliki smartphone atau gadget dan kartu seluler yang cukup kencang untuk bisa membawa kalian googling, mari mampir ke situs resmi Rotiboy di www.rotiboy.co.id

Website resmi Rotiboy
Sangat jelas disitu tertulis bahwa akun resmi Instagram Rotiboy adalah @rotiboyindo, sedangkan rotiboy Free yang kalian harapkan dari @rotiboy.id. Oh well jika mungkin kalian beralasan sedang lapar saat itu.

Itu adalah contoh pertama yang saya capture dan tampilkan disini. Masih ada lagi akun-akun lainnya yang menawarkan hal serupa dengan perbedaan hanya di produk dan berapa followers yang mereka inginkan.

Akun lainnya
Semua mengatasnamakan Indonesia
Harapan dari tulisan yang simple ini, marilah netizen agar rajin membaca karena dengan smartphone kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. Orang Indonesia mah gitu, bilangnya "maaak aku dipehape sama abangtu", padahal dia sendiri yaaang *hilang sinyal*. Ya, seperti kasus diatas tadi.

Kasus diatas mungkin hanya kasus kecil dari sekian banyak Hoax yang pernah beredar. Kesimpulan yang bisa kita pelajari adalah bagaimana kita tidak mudah menyebarkan Hoax atau berita yang belum pasti kebenarannya. Ini bisa jadi pelajaran untuk menghadapi Hoax berikutnya. Karena Hoax yang kamu sebarkan akan mengganggu orang lain dan bahkan pemilik produk itu sendiri. Contoh saja kasus Indosat di bulan Februari, baca disini: http://www.merdeka.com/teknologi/indosat-kecam-beredarnya-akun-palsu-indosatcare-di-twitter.html. Serta menghindari kasus-kasus kriminal yang berawal dari kesalahan pengguna media sosial menanggapi sesuatu yang beredar di media sosial.

Well, bagi yang sudah melakukan hal penuh harapan diatas, silahkan menukarkan hasil capture screen nya ke store Rotiboy terdekat :)

No comments:

Post a Comment