Translate

Saturday, March 21, 2015

Memanfaatkan Media Sosial, Peluang Bagi Usaha Anda


Dewasa kini perkembangan media sosial terus dipantau, dianggap penting dan menjadi pembicaraan dimana-mana. Tak hanya sebagai media dalam bersosialisasi, media sosial kini juga menjadi topik menarik dalam dunia marketing. Tak lain tak bukan karena media sosial bisa dibilang merupakan media promosi paling low cost dibanding dengan media konvensional lainnya seperti spanduk, baliho, brosur, dll.

Tidak melulu sebagai media promosi, Social Media juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Hal itu dikarenakan bahwa hakikatnya perusahaan haruslah bisa berada dimana pelangganya berada. Dan cara itu adalah dengan menggunakan media sosial.

Menjadi pentingnya media sosial dalam dunia Marketing tersebut didukung oleh terus meningkatnya jumlah pengguna aktif media sosial di seluruh dunia dan juga Indonesia. Sebelum kita berbicara jauh mengenai judul diatas, sebaiknya kita lihat dulu beberapa statistik perkembangan media sosial.

Pengguna media sosial di Indonesia terus melonjak naik, Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada akhir 2013, pengguna Internet di Indonesia berada di angka 63 juta orang, dari angka tersebut 95% nya adalah pengguna media sosial. 

Di awal 2015, sebuah agensi Social Marketing bernama 'We Are Social' merilis data pengguna website, mobile dan pengguna media sosial di Indonesia. Dari data tersebut, 72,2 juta adalah pengguna aktif internet, dimana 72 juta nya adalah active users di media sosial dan 62 juta penggunanya mengakses media sosial melalui smartphone.

Walaupun media sosial terbaru datang silih berganti, Facebook masih menjadi media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia, berada dibelakang USA dan India. Lalu pengguna Twitter di Indonesia yang berada di 3 besar dunia dan peringkat pertama di Asia dengan total 5,6 juta pengguna. So, tak heran Indonesia seringkali menghiasi trending topic dunia.

Melihat pengguna media sosial di dunia, Facebook merupakan media sosial terpopuler dengan jumlah users terbanyak di dunia. Serta aplikasi chat Whatsapp yang berada di peringkat 4, Instagram di peringkat 9 dengan 300 juta users dan Twitter di peringkat 10 dengan 283 juta tweetizen.

Peringkat Media Sosial Terbanyak | Sumber: Statista (2015)
 Pengguna media sosial diprediksi akan terus bertambah di tahun-tahun kedepan. Menurut data yang dilansir oleh statista (29/01/15), pengguna media sosial di tahun 2010 tercatat hanya berkisar 970 juta pengguna. Namun angka tersebut terus bertambah setiap tahunnya dan diprediksi pada 2015 pengguna media sosial akan menyentuh angka 1,96 Milyar.

Grafik Pengguna Media Sosial di Dunia | Sumber: Statista (2015)
Melihat pertumbuhan pengguna media sosial yang diprediksi akan semakin pesat dari tahun ke tahun, sudah seberapa siap anda memanfaatkan peluang media sosial bagi usaha anda?

No comments:

Post a Comment