Translate

Monday, March 31, 2014

April Fools Day Mewabah di Twitter. Lalu Bagaimana Sejarahnya?

Siapa yang tidak mengenal istilah 'April Mop' atau dikenal dengan 'April Fools Day' dalam bahasa Inggris nya. Istilah yang sudah sangat mendunia ini diperingati setiap tanggal 1 April pada setiap tahunnya.
 
April Mop atau April Fools Day diterjemahkan sebagai hari dengan tipu-menipu / lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Bahkan tujuan dari April Mop ini adalah untuk mempermalukan orang yang mudah tertipu.
 
Orang-orang dari berbagai belahan dunia pada hari itu (1 April), mulai meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April karena dianggap akan menipu atau hanyalah lelucon untuk meramaikan peringatan April Fools Day.

Tweet di tagar #RipZaynMalik saat April Mop
Efek Social Media juga kian meramaikan April Fools Day, salah satunya terlihat hari ini di Twitter. tagar #RipZaynMalik menjadi Trending Topic World Wide (TTWW) beberapa saat setelah beberapa wilayah di dunia memasuki tanggal 1 April.
 
Lalu bagaimana dengan sejarah mengenai April Mop itu sendiri? Ada berbagai versi yang anjon temukan dari beberapa sumber di Internet:

Yang paling fenomenal mengatakan bahwa April Fools Day / April Mop adalah hari dimana terjadinya penyerangan besar-besaran oleh tentara salib terhadap Negara Spanyol ketika itu yang masih dibawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.
 
Penduduk Islam di beberapa kota-kota di Spanyol dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka dengan kapal yang telah disediakan di pelabuhan Granada. Namun ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, mereka dibantai dengan kejam hingga lautan berubah menjadi merah darah.
 
Peristiwa pembantaian dan pembohongan yang terjadi pada tanggal 1 April (5 abad silam) tersebut yang akhirnya dikenal dengan sebutan April Fools Day / April Mop.
 
Banyak versi mengenai sejarah munculnya istilah peringatan April Fools Day / April Mop yang bisa anda temukan di Internet.
 
Anjon sendiri mengenal istilah April Fools Day / April Mop pertama kali saat membaca komik Doraemon saat masih duduk di sekolah dasar. Kisah April Mop tersebut diceritakan dalam 1 judul komik karya Fujiko Fujio tersebut.
 
Lalu di Indonesia juga pernah dihebohkan dengan kabar Guus Hiddink yang akan segera melatih Timnas Indonesia. Namun sehari setelah itu diklarifikasi itu hanyalah lelucon di peringatan April Mop.
 
Terlepas dari itu semua, April Fool Day yang sedang mewabah di Social Media hari ini (1 April) adalah ujian untuk kita semua agar selektif melihat kebenaran sebuah berita sebelum menyebarkan. Karena April Fools Day / April Mop ini sangat erat dengan istilah 'HOAX' (penyebaran info yang tidak benar).

No comments:

Post a Comment