Translate

Monday, March 31, 2014

@DreamMaker2014, Malam Penuh Inspirasi di Sesi #AcehLuarBiasa (1stDay)

Nah! ini cerita sambungan judul sebelumnya "#DreamMaker2014, Berkumpulnya Anak-Anak Muda Aceh yang Punya Mimpi" yang terhenti karena ngantuk, ini langsung lanjut lagi takutnya entar kelupaan seperti kata bang @CitraRahman. (Ups, kok udah bocorin isi sharing #AcehLuarBiasa nya, cerita aja belum dimulai-_-)

Setelah dua sesi materi sebelumnya yaitu 'River of Live' dan 'Volunteer', after break istirahat dan shalat Maghrib, seluruh peserta #DreamMaker2014 akan kembali disuguhkan materi yang sangat bermanfaat dan tak kalah menariknya dari materi-materi sebelumnya. Yaituuuuuuuu......

Ya malam ini seluruh peserta akan disuguhi materi yang diberi nama #AcehLuarBiasa. Apa itu #AcehLuarBiasa? Sesi #AcehLuarBiasa adalah dimana seluruh peserta akan bergabung dan duduk bersama 13 inspirator muda Aceh yang sudah berani berkiprah lewat bidangnya masing-masing. Atau kalau kata kak @teretero itu "Mereka yang sudah berani lepas dari zona amannya". Siapa saja mereka? (lirik gambar disebelah kiri)
  • Anggi Mustika (@anggisora) : Owner My Tako
  • Ferzya (@ferzyaya) : Founder @GetAceh
  • Zarial Akbar Gegem (@zarialgegem) : Owner @One4Chocolate
  • M. Antonio Gayo (@antoniogayo) : Tim @iloveaceh
  • Citra Rahman (@citrarahman) : Blogger Aceh
  • Teuku Farhan (@TeukuFarhan) : Founder MIT
  • Fairuziana (@ruzluz) : Alumni Pencerah Nusantara
  • Waru (@kangwaru) : Petarung Derajat
  • Julya Putra (@Jouleputra) : Koordinator Aceh Berkebun
  • Tezar Fahlevie : Penerima International Ian Redmond Conservation Award 2013
  • Husnul Khatimah : Founder TPM Tanyoe & Peraih Pelita Nusantara
  • Maulidar Yusuf : Perempuan Inspiratif 2014 kategori Majalah Djroh)
  • Mulia Pande (@MuliaEleghant) : Pegiat Hikayat Seni Tutur Aceh)
Di sesi #AcehLuarBiasa ini para peserta dibagi ke dalam beberapa panel seperti Wirausaha, IT & Social Media, Kesehatan & Lifestyle, Lingkungan serta Pendidikan & Budaya sesuai passion / minat masing-masing.
 
Dalam panel yang telah mereka pilih, peserta bisa langsung sharing dan mencari hal bermanfaat dalam 1 lingkaran forum bersama para inspirator yang telah dihadirkan.
 
Seperti contoh di panel anjon (IT dan Social Media) ada bang @TeukuFarhan dari MIT dan bang @citrarahman dari Blogger Aceh. Dimulai dengan bang @citrarahman yang menceritakan mengenai awal ngeblog hingga kiprahnya selama bergabung di @AcehBlogger.

panel IT dan socmed

"Saya itu orangnya mudah lupa, seperti waktu, moment, nama jalan, nama tempat, dll. makanya setiap selesai berkunjung kesuatu tempat, langsung buat tulisan. Selain itu juga, karena tulisan adalah sejarah yang kita buat"

Lanjut, bang @citrarahman yang pernah pergi keluar negeri gratis karena hobinya ngeblog ini memberikan tips terkait ngeblog. "Kalau pergi ke suatu tempat itu catat poin-poinnya di HP, ambil fotonya, lalu ketika ada waktu luang tuliskan. Jika bingung mau nulis apa, kita bisa melihat foto yang telah kita ambil di HP, karena dengan melihat gambar biasanya otak kita lebih mudah terangsang mengingat kembali moment tersebut"

lalu ada bang @TeukuFarhan yang menceritakan seputar Teknologi dan penggunaan Internet yang positif. Bang @TeukuFarhan selaku founder MIT (Masyarakat Informasi dan Teknologi) ini juga memiliki program lokal 'Mengenal IT' di TVRI Aceh yang memiliki total 20 episode selama satu tahun.

"Kita sekarang hidup di dua langit. Ada dunia nyata dan dunia maya. Hal-hal buruk akan selalu dikaitkan dengan IT. Oleh karena itu kita harus belajar untuk memanfaatkan IT secara positif" sebut bang @TeukuFarhan

Dan terakhir ada anjon sendiri yang menceritakan kenapa minat sekali dengan social media dan kesan serta pengalaman selama bergabung di @iloveaceh.

Anjon sudah aktif social media itu pertama kali di Friendster. Rela jalan berkilo-kilo meter hanya untuk mengupdate di Friendster yang saat itu adalah Social Media pertama anjon. Lalu faktor anjon yang pernah tinggal di beberapa kota seperti Jakarta, Takengon, Lhokseumawe, Medan, Pekanbaru, Banda Aceh menjadikan Social Media sebagai hal yang penting untuk terus menjalin silaturahmi dan terkoneksi dengan mereka semua.

Banyak pengalaman yang didapat selama bergabung di @iloveaceh. Mulai dari bagaimana kita menggunakan social media sebagai hal yang positif serta sebagai wadah pengembangan diri juga. Karna visi @iloveaceh itu sendiri 'Social Media to Social Movement'. Jadi kita harus bisa beraksi juga di dunia nyata, gak hanya berkicau di Twitter.

Selain di panel IT dan Social Media, ada beberapa panel lain yang terus membagikan inspirasi kepada peserta #DreamMaker2014. Banyak pesan dan kisah inspiring yang bisa didapat oleh para peserta malam itu yang bisa dicek di twitter @DreamMaker2014. Malam minggu yang luar biasa!

panel lingkungan
panel health & lifestyle
panel pendidikan

panel wirausaha 
 
Sesi #AcehLuarBiasa yang digelar di @NAcoffee ini berakhir sekitar pukul 23.00 WIB dengan sangat bersemangat para peserta bersiap melanjutkan sisa harinya di Dream Maker 2014. Semangat wahai anak muda! #positifkanAceh
 
Daaann... Terima kasih kepada teman-teman The Leader atas undangan dan pengalamannya. Maaf tidak bisa ikut serta di hari berikutnya karena alergi anjon kembali kambuh. Takut entar bersin-bersin terus di ruangan (Dikira kena flu babi entar -_-)

Sukses terus untuk The Leader, program Dream Maker dan seluruh peserta yang telah memiliki project masing-masing setelah mengikuti #DreamMaker2014 ini. Semoga projectnya bisa berjalan dan bermanfaat untuk orang banyak dan Aceh!


 

No comments:

Post a Comment