Translate

Saturday, March 29, 2014

#DreamMaker2014, Berkumpulnya Anak-Anak Muda Aceh yang Punya Mimpi! (1stDay)

Waktu sudah menunjukan pukul 02.00 WIB, tanggal di kalender handpone pun sudah memasuki angka 29 tepatnya di bulan Maret 2014. Maret yang menjadi bulan penuh kesan bagi anjon akan segera berganti ke April dan berharap akan ada penutup di bulan Maret yang menjadi luar biasa. Ya seperti itu (bergumam dalam hati kayak sinetron sambil mandangin dinding-dinding kamar)
 
Anjon ingat kalau pagi ini (29/3) ada acara @DreamMaker2014. Kalian tau apa itu Dream Maker 2014? Dream Maker adalah salah satu program pelatihan pengembangan kepemudaan lewat beberapa materi yang sudah dikemas dengan menarik oleh mereka 10 orang yang berhasil memenangkan @MDGawards di bidang pendidikan.
 

 
Acara yang berlangsung di Aula BkkbN mulai sekitar pukul 10.00 WIB ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang tidak hanya berdomisili di Banda Aceh tapi juga ada dari berbagai kabupaten/kota yang ada di Aceh. Luar biasa kan bisa bertemu dengan rakan-rakan yang penuh semangat untuk #positifkanAceh ^_^

Dream Maker 2014 ini dibuka oleh kepala BkkbN Provinsi Aceh yaitu Bapak Nasir Ilyas, kemudian diiringi oleh pembacaan ayat suci Al-Qur'an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta kata sambutan dan laporan dari Leader Asy-Syauqie.
 
Sesi materi pertama dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, setelah para peserta Dream Maker 2014 check-in untuk beristirahat, sholat dan makan siang (Ishoma). Materi yang dibawakan langsung oleh Leader @AsySyauqie ini dinamakan dengan 'River of Life', dimana para peserta ditugaskan untuk menulis alur kehidupannya. Mulai dari lahir, sekolah, prestasi, masalah, rintangan, terpuruk, bangkit dan hingga bagaimana peserta mencapai mimpinya masing-masing.
 

 
River of Life ini mengajarkan peserta untuk mengenal diri sendiri dengan cara melihat/mengingat apa yang telah dilakukan, didapatkan, dan pengalaman sejak kecil hingga sampai saat ini. Dengan mereka mengenal river atau alur hidupnya masing-masing, maka peserta akan lebih bisa mengenal jati dirinya sendiri dan dengan mudah mencapai mimpi-mimpinya. Karena apa? 
 
"Karena semua orang memiliki kelebihan masing-masing, namun terkadang kita tidak bisa menemukan kelebihan itu karena kita sendiri tidak mampu mengenali jati diri masing-masing".
 
 
Setelah break shalat  Ashar, peserta Dream Maker 2014 tersebut kembali diberikan materi tentang 'Volunteer'. Nah, disini anjon mendadak jadi pembicara, karena Leader @ParwisNasution berhalangan hadir. Bukan mau atau tidak mau, tapi disinilah kita harus berani mengatakan 'Mau' walaupun anjon belum mempersiapkan materi sedikitpun, tapi anjon bersiap untuk maju dengan berbekal semangat dan pengalaman yang ada.
 
"Tidak ada kata 'Bisa' atau 'Tidak Bisa' di dunia ini, yang ada hanyalah 'Mau' atau 'Tidak Mau"
 
Bersama Leader @rmadhn, anjon membawakan materi tentang 'Volunteer'. Namun pertama sekali @rmadhn dulu yang menjelaskan apa itu Volunteer dan manfaat dari Volunteer.
 
Lalu sampailah sesi dimana anjon coba menjelaskan apa itu Volunteer dan manfaatnya versi anjon (bukan versi on the spot). Volunteer ialah mereka yang mau bekerja secara sukarela dan tidak mengharapkan bayaran. Manfaat menjadi volunteer itu sendiri anjon meringkasnya menjadi 3, yaitu:
  1. Pengalaman
  2. Kenalan
  3. Kenikmatan
Dengan menjadi volunteer, banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan selama berada didalam kegiatan. Suka, duka, bahagia, sedih serta dimana saat kita dituntut menghadapi masalah dan menyelesaikannya, Dan pengalaman inilah yang akan jadi sesuatu yang berharga dalam kamu menjalankan hidup.
 
Kenalan sudah pastinya dong, semakin kamu aktif terlibat di berbagai kegiatan Volunteer maka semakin kamu banyak kenalan atau jaringan (link). Hal ini juga akan banyak membantu kamu nantinya. Percaya deh!
 
Dan terakhir ini ada kenikmatan, hahaha bukannya nikmat karena bisa makan gratis saat kegiatan, bukaaann!! (tapiii iya juga sih -_-) melainkan kenikmatan batin kita saat kita berhasil menggelar suatu kegiatan / event dan kenikmatan karena kita telah bermanfaat bagi orang lain.
 

 
Acara ini berakhir sekitar pukul 18.30 WIB. Adzan Maghrib akan segera berkumandang. Peserta dan panitia bersiap-siap mandi dan shalat karena malamnya bakalan ada materi berikutnya yang luar biasa, yaitu #AcehLuarBiasa !!! (Baca lanjutannya ya ^_^)
 

2 comments:

  1. Kalau sudah anak muda, semua bisa jadi luar biasa. Orang tua cukup berikan dukungan #rock

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata bang citrarahman, komentar pertama di blog itu buat diri rasanya pingin nangis T.T

      Delete